+62 21 38433607 info@mfi.or.id

Blog: MFI News

Back

Pameran Dan Peluncuran Buku Kilas Balik 2015

8 February 2016 18:59 - Dibya Pradana - Marketing & Communication

Jakarta, 29 Januari 2016 - Divisi Pemberitaan Foto ANTARA bekerja sama dengan Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) meluncurkan Buku KILAS BALIK 2015 dan menyelenggarakan pameran foto yang berlangsung dari 29 Januari hingga 29 Februari 2016 di Galeri Foto Jurnalistik ANTARA, Jakarta. Dua kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan Divisi Pemberitaan Foto ANTARA.

    Buku KILAS BALIK 2015 setebal 208 halaman itu berisi 218 foto karya pewarta Foto ANTARA, yang disiarkan oleh Antara Foto dalam rentang Januari hingga Desember 2015. Sejumlah peristiwa besar seperti bencana alam, korupsi, dan penegakan hukum masih menjadi fokus utama KILAS BALIK 2015.

    “Pada KILAS BALIK 2014, karya-karya yang dihasilkan lebih banyak menyoroti soal korupsi, penegakan hukum, dan hiruk pikuk politik seusai pemilu yang menghasilkan duo J, Jokowi-JK,” kata Kepala Divisi Pemberitaan Foto ANTARA, Hermanus Prihatna, mengomentari KILAS BALIK tahun lalu.

    Menurut dia, ANTARA FOTO turut mengawal perjalanan Jokowi-JK. Memberikan janji menjaga etika jurnalistik dengan berdiri sebagai perekam peristiwa. Dan, tidak berpihak dalam hiruk pikuk perpolitikan.s

“Konsistensi itu masih kita jaga. Gambar sampul buku KILAS BALIK 2015, yaitu upaya pemadaman pembakaran hutan di Sumatra karya perwarta foto Nova Wahyudi menjadi penandanya,” lanjut Hermanus. Ia menambahkan, hal itu merupakan pemenuhan janji bahwa pewarta foto Antara tetap dalam ranah dokumenter sebagai bagian dari produk jurnalistik.


Sementara itu Oscar Motuloh selaku kurator pameran menyatakan KILAS BALIK adalah salah satu baromater tahunan yang dikeluarkan oleh ANTARA FOTO yang keberadaannya akan terus berlanjut sebagai wadah pewarta foto Antara. 


“Kita menggunakan wadah ini untuk kepentingan tugas foto jurnalistik, yang sesungguhnya telah berakhir ketika foto itu sudah disiarkan,” kata Oscar.


Menurut dia, sejak KILAS BALIK 2009-2010 hingga edisi sekarang tema setiap tahunnya akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi peristiwa di Indonesia.

“Setiap tahun tema bisa berubah, KILAS BALIK 2015 melihat bagaimana bencana asap di Indonesia, pencatutan nama Presiden, penegakkan hukum masih disorot sebagai inti yang mesti diselesaikan,” ungkap Oscar.

Pameran foto KILAS BALIK 2015 terbuka untuk umum. Sebagai rangkaian kegiatannya, akan diadakan dua temu wicara. Temu wicara pertama pada 13 Februari 2016 bertema “Jurnalisme Bencana dan Konflik”. Menghadirkan pembicara Manager Produksi Pemberitaan Foto LKBN ANTARA Saptono, fotografer lepas Ulet Ifansasti, dan praktisi fotografi Edy Purnomo. Temu wicara kedua pada 27 Februari 2016 akan mangangkat tema “Masa Depan Media?”. Sebagai pembicara adalah Kepala Divisi Pemberitaan Foto LKBN ANTARA Hermanus Prihatna, mantan Pemimpin Redaksi Koran Sore Sinar Harapan Rikando Somba, Ketua Dewan Pers Bagir Manan, dan Pemimpin Redaksi beritagar.id Ndoro Kakung.

Selain itu, juga akan diadakan kegiatan Antara Foto Goes to Campus di tiga kota, yakni Palembang, Pontianak, dan Kupang. Serta pelaksanaan program Antara Foto Mengajar di 10 kota di Indonesia.

Catatan:

KILAS BALIK adalah buku foto jurnalistik terbitan Antara Foto. Sampai saat ini sudah terdapat 5 edisi buku KILAS BALIK; yakni KILAS BALIK (2009-2010), KILAS BALIK (2011), KILAS BALIK (2012), KILAS BALIK (2013-2014) dan KILAS BALIK (2015).

 

Penanggung Jawab Acara

Wahyu Putro A : 0812-9027-0530

0 Comments

Please Log in to read all comments and write one

Untuk afiliasi silakan