+62 21 38433607 info@mfi.or.id

Blog: MFI News

Back

RAPAT UMUM ANGGOTA MASYARAKAT FOTOGRAFI INDONESIA 2020

12 November 2020 22:40:18 - Purwo Subagiyo - Marketing & Communication

Jakarta, 12 November 2020 -- Masyarakat Fotografi Indonesia (MFI), pada hari ini melaksanakan Rapat Umum Anggota (RUA) secara daring yang diikuti 64 insan fotografi, anggota MFI dari seluruh Indonesia dan sejumlah undangan.

RUA dilaksanakan untuk meregenerasi pengurus, silaturahmi, dan menyatukan ide dan pemikiran untuk terus mengembangkan dunia fotografi Indonesia. RUA - MFI 2020 dihadiri praktisi fotografi baik individu maupun komunitas, akademisi di bidang fotografi, pelaku bisnis industri fotografi, dan pemerintah.

Acara dibuka oleh Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kementrian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak Syaifullah SE, M.Ec., Ph.D. Rapat umum secara daring berlangsung mulai pukul 9.00 WIB hingga 14.30 WIB, pada platform aplikasi zoom.

Dengan puncak acara berupa pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MFI masa bakti 2020 - 2023. Melalui mekanisme voting dalam RUA-MFI 2020, telah terpilih Andi Kusnadi (Semarang) sebagai Ketua dan Irwandi (Yogyakarta) sebagai Wakil Ketua MFI periode 2020-2023 yang mendapatkan 32 suara dari 63 pemilih. Sementara Pasangan Calon lainnya Andrew Linggar dan Dibya Pradana (Jakarta) mendapatkan 31 suara.

Masyarakat Fotografi Indonesia adalah perkumpulan nirlaba, didirikan sebagai hasil mufakat Kongres Fotografi Indonesia, yang dibidani dan diresmikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Sejak berdiri tahun 2014 dan resmi berbadan hukum pada tahun 2015, MFI dirancang un-tuk menjadi wadah yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia fotografi, yaitu; praktisi fotografi, akademisi, bisnis dan pemerintah.

Masyarakat Fotografi Indonesia merupakan wadah yang berperan memayungi, men-dorong kerjasama, dan koordinasi antar para pemangku kepentingan - baik perseorangan maupun segala bentuk perkumpulan, komunitas, asosiasi profesi fotografi dan lain sebagainya - untuk mengembangkan sektor fotografi di Indonesia.

Dengan tujuan menjadikan dunia fotografi di Indonesia dapat menjadi salah satu pendorong kekuatan baru di Industri Kreatif Indonesia, yang mampu bersaing secara kompetitif di dunia internasional dengan standar dan kualitas yang tinggi. Untuk tujuan tersebut, selain membentuk Badan Pengurus dan jaringan Mitra yang terse-bar di sejumlah propinsi di Indonesia.

MFI juga memiliki Dewan Kehormatan dan Dewan Pengawas yang terdiri dari sejumlah tokoh pada Industri Kreatif dan Fotografi Indonesia. Pada jajaran Dewan Kehormatan terdapat sejumlah tokoh, seperti; Mari Elka Pangestu, Soedja'i Kartasasmita, Profesor Soeprapto Soedjono, dan Watie Moerany.

Salah satu Anggota Dewan Kehormatan berencana akan mengundang Dr. Ir. Anton Apriyantono, MS tergabung dalam Dewan Kehormatan MFI. Sementara pada jajaran Dewan Pengawas MFI, terdapat sejumlah tokoh dunia fotografi Indonesia, seperti; Sigit Pramono, Oscar Motuloh, Firman Ichsan, Agus Leonardus, Arbain Rambey, Darwis Triadi, Don Hasman, Edmon Makarim, Edwin Djuanda, Fendi Siregar, Guntur Santoso, Imam Hartoyo, Irwan Kamdani, Johnny Hendarta, Ray Bachtiar, Rio Helmi, Risman Marah, Riza Marlon Solihin Margo, dan Yudhi Soerjoatmodjo.

Dalam RUA – MFI 2020, Dewan Pengawas menentukan Sigit Pramono sebagai Ketua Dewan Pengawas, Wakil Ketua I Edwin Djuanda dan Wakil Ketua II Risman Marah. Terdapat penambahan Dewan Pengawas yaitu Hermanus Prihatna dan Agatha Bunanta.

Regenerasi kepengurusan MFI melalui RUA - MFI 2020, diharapkan dapat melanjutkan dan mengembangkan program - program MFI, dan memperkuat jaringan Mitra di berbagai kota, demi perkembangan dunia fotografi Indonesia. Lebih lanjut tentang MFI dan hasil RUA - MFI 2020, dapat dibuka pada https://mfi.or.id/rua2020/ _____________________________________________________________________

informasi lebih lanjut:

Anton Bayu Samudra - 089657558789 Purwo Subagyo - 08129671706 Lasti Kurnia - 08118113639

0 Comments

Please Log in to read all comments and write one

Untuk afiliasi silakan